Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar menulis artikel di blog bagi pemula

cara-menulis-artikel-blog-pemula

Simple Blogging - Kemarin kan udah belajar bagaimana cara bikin blog pakai HP, terus bagaimana cara bikin akun Gmail pakai HP juga.

Sekarang bagaimana cara ngisi blog tersebut dengan artikel?


Bagi kamu yang udah biasa nulis, ya udah gak ada masalah. Tinggal isi tuh blog dengan tulisan-tulisan kamu.

Tapi kalo kamu tidak biasa nulis, ini baru masalah! Tapi jangan khawatir, semua ada solusinya.

Menulis itu kan gampang sebenarnya, kitanya aja yang sok pusing. Padahal setiap detik, benak dan pikiran kita itu tidak pernah diam. Ia selalu saja bicara.

Ini yang biasa disebut dengan bicara dalam hati, nah itu kalau dituliskan, sehari saja mungkin dapat satu buku. Ya nggak?

Maka dari itu, kita harus sepakati sekarang, bahwa menulis itu gampang. Masalah tulisan itu laku dibaca atau dicari orang melalui situs pencarian semisal google, itu mah masalah selanjutnya.

Yang penting, jika memang kamu belum terbiasa menulis, sekarang tugas kamu adalah MENULIS! Itu saja, jangan banyak tanya. Just do it! Biar segera jadi duit! Amiiin

Sepanjang yang saya tahu, penulis paling hebat pun, contohnya Si William Shakespeare itu, pas brojol dari rahim ibunya mah tetep aja dia teh orok, yang gak bisa apa-apa. Bukan penulis hebat!

Jadi intinya, semua ada prosesnya. Kalem aja, tapi jangan pernah diem. Terus aja, ngeureuyeuh nikreuh kata orang Sunda mah.

Kamu gak perlu mikir, apakah tulisan kamu itu bagus? Apakah terlalu pendek? Apakah dimengerti? Apakah kelihatan norak? Gak usah dipikir!

Target kamu di awal itu adalah menulis sebanyak dan sesering mungkin! Apa yang kamu rasa, tulis! Apa yang kamu lihat, tulis!

Apa yang hari ini bikin kamu kesel, tulis! Apa yang menarik hari ini, tulis! Itu saja. Titik.

Menulis mah wilayah praktikal, maksud Mamang begini. Praktikal itu bergantung dengan yang namanya jam terbang. 

Artinya semakin banyak yang sudah kamu tulis, nanti akan kelihatan. Tulisan kamu saat ini, dengan tulisan kamu yang dulu-dulu. Pasti kelihatan perbedaannya!

Seiring berjalannya waktu, jam terbang kamu juga bertambah. Saat itulah teknik menulis kami akan membaik dan terus membaik! Insya Allah.

Nanti, kalau sudah lancar nulis, kamu bakal bisa memperkirakan, kira-kira tulisan mana yang ternyata banyak view-nya.

Setelah itu tinggal disesuaikan, tema tulisan, gaya tulisan dan lain sebagainya. Sebagaimana target yang mau kamu capai.

Misal ni ya, kami itu menulis untuk cari uang, maka kamu akan menulis tentang hal-hal yang mendatangkan iklan di blog kamu, iklan-iklan yang bernilai tinggi.

Misal yang kedua, kamu sebenarnya punya cita-cita jadi penulis cerpen atau karya fiksi. Kamu tumpahkan setiap ide tulisan jadi cerita yang menarik, sampai pada kesimpulan kamu dapati mana cerita yang mendapat apresiasi bagus dari pembaca.

Kemudian kamu bisa luncurkan buku, atau mungkin kamu bisa 'monetisasi' cerpen-cerpen kamu itu melalui situs berbayar.

Tetap semangat, jangan putus asa. Cari tulisan-tulisan yang menurut kamu menarik dan akan menginspirasi kamu. Karena tak jarang, tulisan yang kamu kagumi akan berpengaruh positif pada kemampuanmu di masa yang akan datang.

Mamang akhiri tips atau Cara Belajar Menulis Artikel untuk Blog bagi Pemula ini. Wassalam.


Search Keyword: cara menulis artikel di blog,cara membuat artikel seo friendly,cara membuat artikel di website,cara membuat artikel website,cara membuat berita di website,cara membuat artikel di word,cara membuat jurnal di word,cara menulis artikel seo,cara menulis artikel seo friendly,artikel seo friendly,cara membuat artikel seo,cara membuat artikel blog,cara membuat artikel yang menghasilkan uang,cara menulis artikel seo friendly berkualitas,cara menjadi penulis online yang menghasilkan uang,menulis menghasilkan uang,cara membuat artikel di blogger,pekerjaan menulis online yang menghasilkan uang,cara buat artikel di blog,menulis artikel seo,cara membuat abstrak bahasa inggris,menghasilkan uang dari menulis artikel,cara membuat artikel di media online,cara menulis online,penulisan seo,cara mendapatkan uang dari menulis artikel,cara buat artikel,cara membuat artikel di hp,membuat artikel,cara membuat artikel blog yang menarik,bikin artikel,cara dapat uang dari menulis artikel,cara menjadi penulis artikel yang dibayar,membuat artikel di google,membuat artikel seo,pembuatan artikel,cara pembuatan artikel,cara menulis dibayar,cara membuat artikel yang benar,cara membuat berita di google,cara menulis artikel yang baik,cara menulis artikel,tips menulis blog,menulis dan dapat uang,cara membuat artikel online,cara membuat artikel yang berkualitas,contoh penulisan artikel,contoh pembuatan artikel,contoh membuat artikel,menulis dapat uang,membuat artikel dibayar,menulis dapat duit,cara menulis artikel di website,cara bikin artikel,cara membuat artikel yang baik dan benar,cara membuat artikel di google,cara menulis artikel di google,cara menulis artikel dibayar,cara membuat artikel di internet,menulis berita dapat uang,cara membuat artikel,menulis mendapatkan uang,cara membuat artikel dan contohnya,cara menjadi penulis lepas,cara menjadi penulis lepas bagi pemula,menulis artikel dapat uang,cara dapat uang dari babe news,bikin artikel dapat uang,buat artikel dapat uang,menulis di internet,cara menjadi penulis online dibayar,dapat uang dari menulis artikel,cara mendaftar menjadi penulis online,cara penulisan artikel,cara membuat artikel kesehatan,cara menulis opini,tulis artikel dapat uang

Posting Komentar untuk "Belajar menulis artikel di blog bagi pemula"